mmamangilo

Icon

Just another WordPress.com site

Sejarah Human Computer Interaction PDF Manual


Human Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia Komputer (IMK) adalah studi tentang interaksi antara manusia, komputer dan tugas. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas dan bagaimana sistem yang iteratktif itu dibuat. IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik, kesenian.

perkembangan dari HCI sebagai berikut :

1. Tahun 1945, Memex
Memex (singkatan dari “memory extender”) , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang muncul kemudian. Perangkat Memex dapat menyimpan seluruh record, artikel dan berbagai komunikasi, mempunyai memori yang besar, item-itemnya didapat dengan pengindeksan, kata kunci, referensi silang.
2. Tahun 1963, Sketchpad

Ivan Sutherland pada 1963 di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Lewat tesis doktoralnya ia memproklamirkan penemuannya yang disebut Sketchpad, sebuah sistem komputer yang difungsikan untuk mengambar garis secara langsung dengan layar komputer melalui pena cahaya. Pada masa itu ketika tetikus (mouse) belum ditemukan, untuk berinteraksi dengan komputer dalam menjalankan perintah-perintah, manusia menggunakan pena yang digerakkan-gerakkan di layar komputer. Dan itu dimaksudkan untuk menciptakan interaksi yang direpresentasikan secara grafis.

3. Tahun 1968, Augment

Douglas Engelbart menemukan Augmentation Research Center. Dimana dalam Augment tersebut terdapat NLS (oN Line System). NLS ini mempunyai fitur layar pengedit teks dua dimensi, oleh dua orang dari console yang berbeda pada saat yang bersamaan, links, video conference, dan mouse.

4. Tahun 1969, Dynabook

Alan Kay menciptakan Dynabook, sebuah komputer yang berukuran seperti buku dimana komputer harus bisa berfungsi seperti makhluk hidup. Dynabook lebih menggunakan grafik (multimedia) dari pada teks dan dapat menyimpan semua jenis file.

5. Pertengahan 1970an, Xerox PACR Alto

Mouse dilisensikan ke Xerox tahun 1971, sedangkan Xerox Alto tahun 1973. Fakta yang paling mengejutkan dari Alto adalah digunakan hanya oleh satu orang. GUI pada Alto adalah windows dikontrol oleh kursor, input devicenya mouse, pop-up menu untuk mengontrol tasks.
6. Tahun 1981, Xerox Star

Dirilis tahun 1981 dan didesain sebagai system otomatisasi perkantoran. Computer sebagai desktop bagi para professional dalam organisasi bisnis. Tujuannya adalah agar computer menjadi invisible bagi user.
7. Tahun 1982, Apple Lisa

Apple mulai mengembangkan Lisa pada 1979 sebagai sebuah system berbasis teks. Didesain kembali sebagai system grafis yang mirip Xerox Star.

8. Tahun 1984, Apple Machintos

Steve Jobs adalah pemimpin dari proyek Machintos. Desain asli dibuat oleh Jef Raskin. Apple Machintos menggunakan penuntun yang kuat melalui desain fisik. Apple Machintos merupakan penyalin yang pintar, mempunyai grafis tingkat tinggi. Problem dari Mac adalah hanya memiliki 128k memori utama.

9. Tahun 1987, WindowsMicrosoft Windows dirilis dari IBMPCAT pada agustus 1984 yang

dijalankan pada 6MHz. Windows direncanakan pada tahun 1983 dirilis pada 11 Agustus 1987.

Download

Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: