mmamangilo

Icon

Just another WordPress.com site

Algoritma Di Komputer PDF Manual


Download         

algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.

Secara umum:algoritma merupakan sederetan langkah yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah, jumlah langkahnya tidak tertentu bahkan untuk satu masalah ada deretan-deretan langkah yang berbeda untuk penyelesaiannya..

algoritma merupakan ‘proses’, sehingga mungkin saja masalah tidak terselesaikan.. sehingga output ada dua jenis yaitu : 1. Penyelesaian atau 2. pesan kesalahan..

Dalam kehidupan sehari-hari, pola algoritma yaitu sebuah proses/ langkah mencapai tujuan. Misalnya, seseorang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) maka ia harus melewati tahapan-tahapan ujian, dimulai dari mendaftarkan diri, kemudian mengikuti ujian tulis, setelah lolos ujian tulis kemudian mengikuti tes wawancara, hingga akhirnya dapat lolos menjadi PNS..

Penulisan algoritma :

  • statemen
  • pseudo code
  • flowchart, penggunaan gambar  seperti : persegi panjang tepi lengkung (kapsul)  untuk awal, jajargenjang untuk input/ output, persegi untuk proses, belah ketupat untuk kondisi/ percabangan, segilima terbalik/ lingkaran untuk konektor..

Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: