mmamangilo

Icon

Just another WordPress.com site

Membagi Koneksi Internet Dengan Komputer Lain PDF


PDF Pernahkah Anda berpikir bagaimana caranya agar 2 atau lebih komputer di rumah, di kantor atau di sekolah Anda bisa mendapatkan koneksi internet namun sumbernya hanya satu? Pasti pernah, kan? saya sendiri sering iseng mencobanya ;) . Itu bisa dilakukan, bahkan untuk melakukannya tidak membutuhkan keahlian jaringan komputer yang khusus, saya yakin semua orang termasuk Anda pasti bisa melakukannya.

Pada artikel jaringan komputer kali ini, akan dijelaskan langkah demi langkah bagaimana cara membagi atau sharing koneksi internet dengan 2 buah PC. Koneksi yang digunakan adalah modem Evdo dari SMART. Namun sebelum kita melakukan tutorial ini, saya harapkan terlebih dahulu Anda membaca artikel ini Bangun Jaringan Komputer Sederhana Dengan 2 Buah Komputer agar saya tidak menjelaskannya dari awal.

Baiklah, saya anggap Anda sudah membaca (dan mempraktekkan)  artikel yang saya sarankan diatas, dan 2 buah PC, yaitu A dan B sudah terhubung dengan baik. Saya perlu beritahukan bahwa komputer yang langsung terhubung dengan modem adalah komputer A.

Pertama kita lakukan setting dahulu pada komputer A. setting yang kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke [Start] > [Connect to] > [Show all connections]
  • Klik kanan pada koneksi yang ingin Anda bagi lalu klik [Properties]. Pada contoh ini saya gunakan [Wireless Terminal].

  • Masuk ke tab [Advanced].
  • Berikanlah centang pada [Allow other network users to connect through this komputer’s Internet connection].
  • Pada [Home networking connection], pilih [Local Area Connection].

  • Setelah selesai, klik [Ok]. Komputer A sudah selesai kita setting dan koneksi kini sudah terbagi dengan ditandakannya ada gambar tangan pada koneksi yang sudah kita bagi.

Selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan setting pada komputer B. yang harus kita lakukan cuma sedikit, yaitu:

  • Masuk ke [Start] > [Connect to] > [Show all connections].
  • Klik kanan pada [Local Area Connection], lalu pilih [Properties].
  • Pilih [Internet Protocol (TCP/IP)], lalu klik [Properties].
  • Jika Anda sudah mempraktekkan tutorial pada artikel yang saya sarankan diatas, maka Anda akan melihat settingan sebagai berikut:

  • Yang perlu kita tambahkan adalah [Default gateway] dan [Preferred DNS server].
  • Pada [Default gateway] masukkan IP address komputer yang langsung terhubung ke internet (komputer A) dengan IP address: 192.168.0.1. Begitu juga dengan [Preferred DNS server], masukkan IP address komputer A, sehingga menjadi:

  • Jika sudah selesai klik [Ok].
  • Settingan pada komputer B sudah selesai.

Baiklah, semua settingan sudah kita lakukan dan saatnya untuk mencoba. Lakukanlah ping ke sebuah situs misalnya Google dari komputer B (buka Command Prompt > ping nama_domain). Jika belum mengerti cara melakukan ping, silahkan klik link berikut ini: Perintah Jaringan Dasar Pada Windows. Jika tidak ada balasan, coba cek mulai dari kabel yang menghubungkan komputer A dan komputer B, cek koneksi internet pada komputer A apakah sudah terhubung ke internet atau belum, cek juga settingan Anda, mungkin ada yang keliru, atau lakukan Restart.

Download

Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: